Home Breaking News Rio Ditengah Pusaran Bisnis Manor

Rio Ditengah Pusaran Bisnis Manor

SHARE

Manor

JAKARTA | Otorai.com – Berita tentang keikutsertaan Rio Hartanto pembalap muda asal Indonesia diajang balap mobil bergengsi Formula 1 cukup membanggakan terutama bangsa Inonesia yang jauh untuk diperhitungkan oleh negara negara lain, kesempatan ini pun tentunya akan dimanfaatkan Rio untuk memperlihatkan kemampuan diri dan bangsanya kepada dunia bahwa dia juga bisa dan mampu tampil satu lintasan dengan pembalap kelas dunia lainnya.

Keikutsertaa Rio dalam lomba jet darat musim ini tentunya tidak lepas dari campur tangan Tim Manor Racing asal Inggris dalam menjalankan bisnisnya, seperti yang ditulis World Press merupakan tim yang diselamatkan Stephen Fitzpatrick pengusaha asal Irlandia yang ditebus dari peradilan niaga Inggris seharga 500 ribu poundsterling, kemudian mengangkat Justin Kimg rekannya sebagai pemimpin klub serta menambahkan modal sebesar 30 juta poundsterling dari kantong pribadinya.

Fittzpatrick yakin bahwa ia akan mampu membawa Manor bertahan di kompetisi F1 walauun dirinya tau bahwa mengelola tim diajang balap jet darat bukanlah perkara mudah karena ancaman gulung tikar selalu membayangi tim tim yang menggelontokan dana besar untuk kompetisi tetap tetap  tidak memiliki dana tetap. ” Saya senang tantangan bisnis di balik Formula 1, ini terlihat sebagai bisnis yang ketabilannya mustahil untuk dipertahankan,”ungkapnya kepada  seperti dilansir dari Management Today.

Pengusaha kelahiran 1977 pemilik Ov energy ini berjanji akan mempertahankan anggaran tiap tahunnya sebesar 60 juta poundsterling untuk bisnis barunya ini, sedangkan untuk membiayai Manor 55 persen anggarannya didapatkan Fitzpatrick dari hadiah partisipasi dari penyelenggaraan F1. Lantas bagaimana mengenaitim Manor Racing dengan keikutsertaan Rio Hartanto dan harus memasukan dana sebesar 15 juta poundsterling.

Menurut perhitungan tim Manor besaran hadiah partisipasi ditentukan oleh posisi akhir masing masing tim di klasemen, sedangkan untuk tim Manor yang berturut turut menduduki peringkat 10 dari sepuluh tim di dua musim yaitu 2014 dan 2015 F1 memberikan 30 juta poundsterling per musim, mulai musim 2016 F1 akan memiliki 11 tim setelah Haas F1 bergabung, tetapi Haas perlu dua musim untuk bisa membuktikan diri bisa finish di 10 besar sehingga dipastikan akan tetap mendapatkan 30 juta poundsterling hingga 2017.

Jika Rio menyetorkan dana 15 juta poundsterling ditambah dengan uang partisipasi maka Manor mampu menutup 74 persen biaya operasional di musim ini, lantas bagaimana posisi Rio pasti kita memiliki penilaian yang berbeda, yang jelasi kita patut bangga masih ada orang Indonesia yang bisa tampil di perhelatan akbar Formula 1 dan menorehkan sejarah dikancah  dunia otomotif ( Koes )

SHARE