Home Breaking News Berlakukah Pasal 277 no 22/2009 Bagi Vespa Dengan Modifikasi Ekstrim ?

Berlakukah Pasal 277 no 22/2009 Bagi Vespa Dengan Modifikasi Ekstrim ?

SHARE

vespa

otorai.com – Masih hangat perbincangan para bikers tentang peraturan lalu lintas yang mengatur masalah modifikasi kendaraan bermotor.

Dalam Pasal 277 juncto Pasal 316 Ayat 2 UU Nomor 22/2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama setahun, atau denda maksimal Rp 24 juta, dijelaskan bahwa kendaraan yang dimodifikasi dengan tipe tidak sah dapat dikategorikan sebagai tindak kejahatan.

Namun nampaknya peraturan tersebut tidak berlaku bagi para pengendara vespa, hal ini terlihat dari kegiatan Jamnas JSR ( Java Scooter Rendezvouz ) ke 10 yang diadakan di area sirkuit sentul, Bogor. Banyak peserta yang hadir dari berbagai pelosok daerah datang dengan tampilan vespa yang telah dimodifikasi dengan sangat ekstrim yang dapat membahayakan keselamatan si pengendaranya mau pun pengguna jalan lainnya.

Dan terlihat oleh tim otorai.com yang berada dilokasi, pihak kepolisian tampak membiarkan hal ini terjadi, seharusnya pihak kepolisian yang dilewati oleh para peserta JSR,menindak tegas setiap para pelanggar – pelanggar yang telah diterangkan dengan jelas di pasal 277 juncto Pasal 316 ayat 2 UU Nomo 22/2009.

yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pasal tersebut hanya berlaku bagi para pengendaraan motor bebek, sport, dan moge modifikasi saja ? atau ada perlakuan khusus terhadap pengendara vespa dengan modifikasi yang sangat tidak layak dikendarai dijalan umum ? pasti banyak kontroversi yang beredar dikalangan pengendara motor bebek, sport dan moge mengenai hal ini, terlebih lagi pada saat acara JSR berlangsung, berbarengan pula dengan event balap Indonesia Trackday Series di sirkuit sentul, Bogor, yang kebanyakan peserta dari ITS adalah pengguna motor sport dan moge yang menyebabkan event balap tersebut dibatalkan dengan alasan keamanan.// ( chr )

vespa gembel 002  Jelang-Pelaksanaan-JSR-Sebagian-Warga-Resah

sumber foto dari google

SHARE