Home Breaking News Modifikasi Holden Premier HQ 1972 : My Car Is My Own

Modifikasi Holden Premier HQ 1972 : My Car Is My Own

SHARE

Holden-1

JAKARTA | Otorai.com – Sebuah kenangan masa lalu memang melukiskan pesan-pesan dan peristiwa yang berarti dalam hidup sesorang. Sebab, kenangan tersbut akan selalu memiliki nilai yang sangat berarti dan tidak bisa ditukar oleh rupiah sekalipun. Rasa inilah yang mewakili Dewa Arhur pemilik Holden Premier HQ lansiran 1972. Menurutnya mobil classic ini sangat memiliki nilai sejarah dan  penuh arti.

Memutar balik waktu, Dewa Arthur menjelaskan, pertama kali dirinya mulai tertatik membangun Holden Premier HQ peninggalan ayahnya ini saat menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2000-an. Meskipun sejak sekolah menengah pertama (SMP) sudah mulai penasaran.

“Sejak SMP saya sudah mengemudikan ini mobil, tapi saya pikir ini mobil enggak jelas. Saya pakai ini mobil waktu SMP karena penasaran saja kenapa jogrok di garasi,” ujarn alumni SMA 3 Jakarta ini di kediamannya di Cilandak, Jakarta Selatan.

Pria 32 tahun ini menambahkan, yang paling kentara saat proses modifikasi ini bangun bodi total ada beberapa bagian yang custom, ada juga yang menggunakan parts  Chevrolet, salah satunya grill. Selain itu, mengganti mesin orisinilnya jadi  Chevy 350 small blok.

“Saya bangun mobil ini sekitra tahun 200-an, proses jadinya ini sekitar satu tahunan, waktunya bisa lama karena beberapa parts dan aksesorisnya import langsung dari Amerika, salah satunya mesin, dan beberapa pernak-pernik yang ada di body,” tuturnya.

Pemilik bengkel di bikangan Jakarta Selatan  ini menegaskan, sampai kapanpun mobil ini tidak akan dijual dan tidak mempunyai niat sedikitpun, karena ini sejarah paling berharga dalam hidup saya. “Apa lagi saya lihat mobil custom classic semakin naik nilai jualnya. Sekarang kita buat dapetin bahannya saja sudah Rp 30 jutaan, tapi ongkos bangun dan nilai sejarahnya yang mahal,” tutupnya.

dewa

Mesin

Saya dapat mesin Chevrolet 530 small block dari Amerika langsung order dari sana sekitar dua minggu. Awalnya kalau mesin orosininya, mesin segaris (inline) tipe 202 kapasitas 3.300 cc dengan transmisi manual 4-speed. Sementara mesin Chevy 350 konfigurasinya V8 dengan kapasitas lebih besar yakni 5.700 cc.

Mesin Chevy ini memiliki piston hypereutectic, roller rocker, camsaft crane cams, pompa oli melling, intake edelbrrock RPM air GAP, karbuartor edelbrock dan transmisi matik TH 400 3-speed. Sehingga dapat menyemburkan tenaga 145 Hp sampai 370 Hp.

Story

Awalnya Holden Premier HQ ini memang dibeli baru sama Kakek saya tahun 1972, beliau belikan mobil ini untuk Ayah saya ketika lulus SMA. Tapi, saat itu Ayah lebih memilih kuliah di German, jadi mobil ini dari pertama kali dibeli belum pernah dipakai, jogrok aja di garasi. Sampai 20 tahun kemudian, Ayah saya balik lagi ke Indonesia, tepatnya tahun 1990-an, tahun segitulah mobil ini akhirnya dipakai.

Namun, karena saat itu bahan bakar sangat mahal, Ayah  menggunakan Holden ini hanya sekitar satu tahunan. Setelah itu diletakan saja didalam garasi. Nah, ketika saya tumbuh besar, tepatnya saat saya duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), saya penasaran, kenapa ada mobil tapi enggak pernah dipakai.

Akhirnya, saya pakai mobil ini hanya untuk jalan-jalan sore ketika saya masih SMP kelas tiga. Waktu itu kata Ayah, kenapa tidak di cat ulang saja biar terlihat bagus. Akhirnya, saya bawa ketukang cat biar jadi warna silver, awalnya warna orinisil pabrik abu-abu gun metal.

Ketika jalan sekitar dua tahunan, tepatnya saat saya duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ko kayanya kurang pantes yah warna silver. Akhirnya, Mamah bilang ya sudah cat saja warna merah pasti bagus dan sampai sekarang warnanya tetap merah.

Data modifikasi
Cat : Spies hecker marjan red
Pernis : Spies hecker hs
Gril : Statesman Chevy
Emblem : Pilar C Statesman Chevy
Emblem grill : Statesman Chevy
Emblem bagasi : Statesman chevy
Pelek : Cragar SS R15 (6-8)
Ban depan : Firestone Indy 500. 225/60/15
Ban belakang : Firestone indy500. 255/60/15
Per depan/belakang : Custom
Shockbrekaer depan/belakang : Billstein
Stabilizer depan/belakang : Kingswood SL
Mesin : Chevy 350 full crome
Edelbrock : 1405 carburatore
Intake : Edelbrock performance 2
Transmisi : TH 400 automatic
Valve cover : Billet
Filter udara : K&N drop angle
Header : 4-1
MSD 6al
Koil : MSD blaster
Kabel busi : Taylor
Baut : Full versenk
Lampu depan : Hella H4
Pedal gas dan rem : Holden Statesman
Jok depan : Holden statesman
Stir : GTS
Panel instrumen : GTS
Konsol box : GTS
Sun visor : Kingswood SL
Kaca belakang : Kingswood SL
Karpet dasar : Original by EJ
Battery box by summit
Headunit : Pioneer DEH-P8450MP
Speaker depan/ belakang: Helix,dan Rodex
Power soundstream : Handycraft 4 chanel

(rhs)

SHARE