Home Breaking News Tonggak Sejarah Baru Sepeda Motor Listrik GESIT Karya Anak Bangsa Siap di...

Tonggak Sejarah Baru Sepeda Motor Listrik GESIT Karya Anak Bangsa Siap di Produksi

SHARE

JAKARTA | Otorai.com – Industri otomotif nasional memasuki tonggak sejarah baru, kususnya industri kendaraan roda dua dimana telah ditandatanganinya perjanjian kerjasama produksi sepeda motor listrik Garansindo Electric Scooter ITS atau yang disingkat GESIT pada Jumat (18/08), di kawasan industri Wijaya Karya (WIKA) di bilangan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

“Sebuah hari yang membahagiakan bagi bangsa Indonesia. Bertepatan dengan Hari kemerdekaan Indonesia ke-72 kita telah mengawali sebuah langkah besar dalam perjalanan sejarah industri otomotif nasional untuk bersiap dalam menghadirkan kendaraan berteknologi masa depan,” ucap Muhamad Al.Abdullah CEO Garansindo Group, dalam keterangan resminya (18/08).

Lebih jauh Muhammad Al Abdulah atauyang akrab disapa memed mengatakan bahwa, Garansindo Group akan terus berkomitmen pada usaha-usaha pengembangan GESITS. Termasuk di antaranya terus bekerjasama dengan ITS dan beberapa universitas lainnya, serta berbagai pihak dari dalam maupun luar negeri untuk mendukung tercapainya kopetensi dalam riset,pengembangan dan industri, serta penguatan akses pasar

Perjanjian yang dijalin antara pihak PT WIKA Industri dan Konstruksi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), serta PT GESITS Technologies Indo (GTI) yang merupakan salah satu dari perusahaan Garansindo Group, sekaligus menandai sejarah baru bagi pencapaian kendaraan hasil inovasi karya anak bangsa.

“Kerjasama industrialisasi sepeda motor listrik GESITS merupakan bentuk sumbangsih nyata dari PT WIKA sebagai perusahaan yang berdedikasi penuh untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa,” sambung Fery Hendriyanto. Direktur Utama PT WIKA Industri dan Konstruksi.

Tidak hanya itu, Fery juga menambahkan kalau PT WIKA telah menyiapkan fasilitas dan peralatan industri untuk mendukung proses produksi GESITS yang sempurna sesuai yang telah diciptakan para pelajar Indonesia di dalam negeri.

Produk inovasi tinggi ini yang dibangun melalui riset mendalam sepenuhnya diciptakan dan dikembangkan kelompok mahasiswa dan mahasiswi ITS di kampus mereka di Surabaya, Jawa Timur dengan didampingi Garansindo Group yang pengalaman sangat baik di bidang otomotif.

Berangkat dari kerja bareng maka kendaraan listrik roda dua ini di buat dengan mempertimbangkan manfaatnya sebagai alat mobilitas yang andal, selaras dengan kebutuhan dan perkembangan global. Termasuk di antaranya hemat energi serta ramah lingkungan bagi masyarakat luas.

Didukunganpun datang dari berbagai pihak yang terkaithingga melibatkan industri kecil dan menengah (IKM) dalam pembuatan komponen-komponen utama melalui program start-up, seperti motor listrik, sistem manajemen baterai (battery management system, BMS) dan paket baterai, pengontrol, sasis, serta bodi.

Motor GESITS diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berbentuk skuter, GESITS mengaplikasi motor elektrik berdaya 5kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm. Untuk menggerakkan motor elektriknya GESITS dibekali baterai Lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Hanya dibutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai motor listrik ini. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh GESITS mampu menempuh jarak 80-100 Km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 Km/jam.

Proyek GESITS merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab dan misi Garansindo sebagai perusahaan swasta nasional yang dimiliki bangsa Indonesia.(rhs)

SHARE