Home Breaking News Bantu Pendidikan Lingkungan di TNGDP Toyota Donasikan Satu Unit Toyota Hilux

Bantu Pendidikan Lingkungan di TNGDP Toyota Donasikan Satu Unit Toyota Hilux

SHARE

BOGOR | Otorai.com – Taman Nasional Gunug Gede Pangrango (TNGP), jawa barat, salah satu hutan lindung terbesar di jawa Barat yang masih terjaga kelestariannya. Dalam menjaga kelestarianya berbagai pihak berkolaborasi guna mendukung pendidikan berkelanjutan konservasi sumberdaya hayati.

Salah satunya, Toyota Motor Corporation melalui afiliasinya di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendonasikan satu unit Toyota Hilux, sebagai bagian dari kemitraan global antara Toyota dan Consevation Internasional (CI) di beberapa negara.

Penyerahan mobil tersebut berlokasi di SD Manggishilir Bodogol, salah satu Sekolah Dasar binaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Jawa Barat.

“Toyota berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat yang harmonis dengan alam, karena itulah kami berupaya keras untuk membangun, mengembangkan, dan mempromosikan teknologi yang menjamin keselarasan antara lingkungan dan ekonomi sehingga dapat tumbuh berdampingan dengan harmonis,” papar Yoshiaki Ishimoto, perwakilan Toyota Global.

Mobil tersebut nantinya akan digunakan CI sebagai alat operasional pendukung inisiatif mobile education unit, bagian dari kegiatan pendidikan lingkungan dan konservasi sumberdaya hayati buat menjangkau sekolah-sekolah yang sulit ditempuh dengan mobil biasa.

Selain itu, kemitraan ini merupakan kelanjutan dari program Toyota Global “Today for Tomorrow” yang bergulir sejak tahun 2016, salah satu aktivitasnya berupa donasi kendaraan sebanyak empat unit per tahun kepada organisasi yang bergerak di bidang konservasi lingkungan, termasuk CI.

Ketut Sarjana Putra, selaku Vice President CI Indonesia mengatakan, bahwa saat ini, kolaborasi menjadi kunci penting kesuksesan konservasi karena pemerintah, LSM, sektor swasta, dan masyarakat dapat bergerak bersama mendukung pelestarian alam.

“Kami harap kemitraan ini dapat memperkuat kesadaran banyak orang akan peran ekosistem Taman Nasional Gn. Gede Pangrango untuk menjaga stok dan sistem air di wilayah hilir termasuk Jakarta,” imbuhnya.

Donasi mobil ini merupakan kelanjutan dari komitmen Toyota secara global, di bidang pendidikan dan lingkungan hidup, serta terutama pendidikan lingkugan hidup, yang menjadi salah satu fokus kegiatan kontribusi sosial di Indonesia.

“Donasi ini diberikan dengan harapan dapat membantu pendidikan lingkungan maupun meningkatkan efektifitas operasional konservasi alam di hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,” ungkap Nandi Julyanto, Direktur Production Engineering & Vehicle Manufacturing PT TMMIN.

Toyota Indonesia percaya bahwa pendidikan lingkungan hidup untuk menanamkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup merupakan salah satu kunci bagi pelestarian lingkungan hidup. (rhs)

TNGGP merupakan kawasan ekosistem hutan terakhir di pulau jawa yang memiliki luas sekitar 24.278,85 hektar yang memiliki peranan penting dalam sejarah kawasan konservasi di Indonesia. TNGPP juga menjadi titik asal bagi empat daerah aliran sungai utama di Jawa Barat yakni Ciliwung, Cisadane, Citarum, dan Cimandiri, sebagai penyedia air bersih bagi 30 juta orang. (rhs)

SHARE