Home Breaking News Ini Lima Tips Mudik Aman.. Simak Yuk

Ini Lima Tips Mudik Aman.. Simak Yuk

SHARE

JAKARTA | Otorai.com – Sebentar lagi masuk musim mudik lebaran dimana arus balik ke kampung halaman akan mengalir deras dari kota kekampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Pilihan mudah ketika pemudik bisa menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi untuk menempuh perjalanan jauh. Bila menggunakan transportasi umum, pemudik bisa mencari tiket murah untuk pilihan transportasi darat, udara dan laut yang bisa dipersiapkan secara jauh hari.

Khusus yang menggunakan kendraa bermmotor, Ada baiknya untuk melihat beberapa tips dibawah ini yang harus diperhatikan mengingat rasio keselamatannya paling renda dibanding mode transportasi lainnya.

1. Kondisi tubuh dan psikis yang baik
Saat melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor, sebaiknya lakukan persiapan fisik dan mental yang baik. Hal tersebut berguna agar stamina dan psikis menjadi lebih terlatih saat mengendarai motor dengan jarak yang cukup jauh.

Selain itu, Gunakan waktu untuk beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, dan tidak melakukan kegiatan fisik yang berlebihan. Untuk melatih fisik, pemudik bisa rutin untuk mengendarai selama dua hingga tiga jam lamanya yang diselingi istirahat kecil. Ingat, jangan mengkonsumsi kopi dan minuman berenergi yang berlebihan sebelum mudik.

2. Cek kondisi motor
Terdapat empat bagian penting kendaraan bermotor yang harus periksa saat hendak melakukan perjalanan jauh. Bagian penting seperti roda, lampu-lampu, rem, dan mesin menjadi bagian prioritas Anda bila akan melakukan servis di bengkel ataupun diperbaiki sendiri.

Pada roda, Anda bisa mengecek kondisi ban, jari-jari atau velg, dan rantai yang menjadi penggerak roda. Untuk lampu-lampu berfungsi dengan baik karena penerangan bisa menjadi alat komunikasi pengendara dengan pengguna jalan lainnya.

Pastikan juga sistem pengereman berfungsi baik, cek tebal dan kebersihan kampas rem. Terakhir adalah cek kondisi mesin, pastikan oli dalam kondisi baik dan mesin memiliki tenaga yang terbaik.

3. Perlengkapan berkendara untuk keamanan.
Agar keselamatan Anda terus terjaga, Anda diharus memakai perlatan safety yang lengkap. Siapkan helm full face, jaket, sarung tangan, celana panjang dengan bahan tebal, sepatu, serta masker untuk berkendara dalam perjalanan jauh.

Tambahkan juga alat pelindung lainnya seperti deker, rompi pelindung angin dan jas hujan dengan warna yang mencolok.

4. Patuhi tata tertib berlalu lintas.
Jalur mudik di pulau Jawa terkenal padat dengan jutaan kendaraan baik pribadi maupun umum melalui jalur protokol setiap harinya. Oleh karena itu, pengendara harus beretika lalu lintas secara baik. Disiplin dan etika saat mengendarai motor menjadi hal yang penting untuk menjaga keselamatan.

Utamakan rasa saling menghormati sesama pengendara jalan. Usahakan untuk terus bersabar menyikapi masalah, dan kendalikan motor dengan aman. Perhatikan serta patuhi juga rambu-rambu lalu lintas agar pengendara dan pengguna jalan lainnya untuk menciptakan suasana aman saat mudik.

5. Rencana perjalanan.
Itienary atau rencana perjalanan yang terjadwal dengan baik akan memudahkan Anda untuk mengenali jalur yang akan dilewati. Catat titik-titik penting atau rawan, serta nomor darurat seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lainnya.

Hindari bawa barang berlebihan dan gunakan fasilitas jasa pengiriman bila ada barang yang harus dibawa saat mudik ke kampung halaman Anda. Untuk beristirahat Anda bisa menggunakan posko-posko kendaraan bermotor yang tersebar di seluruh jalan protokol Indonesia.

Jadi tips di atas tersebut bisa menjadi panduan perjalanan mudik dan yang paling utama tetap berdoa untuk keselamatan perjalana bersama keluarga tercinta. (rhs)

SHARE