Home Breaking News Dua Orangutan Adopsi Bridgestone Obi dan Elder Kembali Ke Habitat Aslinya

Dua Orangutan Adopsi Bridgestone Obi dan Elder Kembali Ke Habitat Aslinya

SHARE

SAMBOJA | Otorai.com – Obi dan Elder dua Orangutan yang telah di adopsi oleh PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) siap dikembalikan ke habitat aslinya. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2012 ini merupakan program “ECOPIA Supports Orangutan”.

Program “Ecopia Supports Orangutan” ini merupakan komitmen Bridgestone terhadapan lingkungan yang bekerjasama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) di Samboja Kalimantan Timur.

Pada tahun ini, Obi dan Elder telah melewati lebih dari lima tahun masa rehabilitasi di Sekolah Hutan dan telah siap untuk dipindahkan ke pulau pra-pelepasliaran untuk menjalani proses adaptasi lebih lanjut.

“Pemindahan Obi dan Elder ini dimajukan dari rencana awal tahun 2020 karena berdasarkan hasil studi dari yayasan BOS, menyatakan bahwa Obi dan Elder sudah siap untuk dipindahkan ke pulau pra-pelepasliaran baik dilihat dari segi umur maupun perkembangan keterampilan dan perilakunya di sekolah hutan,” ujar Akihito Ishii, Presiden Direktur PT BSIN (31/08).

Sementara, dr. Agus Irwanto, Program Manager BOS yang dikenal sebagai sosok yang aktif dalam pelestarian dan perlindungan Orangutan mengungkapkan rasa syukurnya.

“Kami sangat bersyukur sekali dan bangga dapat melanjutkan kembali kerjasama dengan PT. Bridgestone Tire Indonesia untuk menjadi salah satu donatur bagi Orangutan Borneo kami,” ungkapnya.

Lebih jauh dia juga mengatakan, bahwa Kembalinya Obi dan Elder ke habitatnya di hutan menjadi salah satu bukti kesuksesan program yang didukung oleh Bridgestone sejak enam tahun yang lalu.

Program konservasi hutan dan adopsi orangutan yang dilakukan BSIN merupakan salah satu wujud komitmen CSR global Bridgestone Corporation yang mengusung tema “Our Way to Serve” dan salah satu fokusnya adalah pada lingkungan (environment).

Bahkan Program pelestarian satwa unik khas Indonesia ini menjadi salah satu program CSR yang menjadikan BSIN memperoleh penghargaan GOLD dalam Best Country CSR Excellence Award dalam acara 10th Annual Global CSR Summit & Awards 2018 pada bulan April lalu. (rhs)

SHARE