Home Breaking News Lulus Uji Hino Siap Gunakan Bahan Bakar B20

Lulus Uji Hino Siap Gunakan Bahan Bakar B20

SHARE

JAKARTA | Otorai.com – Pemimpin pasar pasar medium duty truck 18 tahun terakhir, Hino selalu memberikan produk terbaiknya yang diproduksi di indonesia.

Tidak hanya itu, Hino juga mengembangkan produk sesuai dengan kondisi nyata dilapangan dan juga regulasi pemerintah.

Hino juga senantiasa mengikuti dan mendukung setiap kebijakan yang ada. Dimana kendaraan Hino dibuat sesuai dengan spesifikasi bahan bakar yang ada di masyarakat.

Mulai dari B10, lanjut ke B15 sampai saat ini pemerintah mulai implementasi B20 atau perpaduan 20% minyak nabati dengan 80% solar.

Seperti diketahui, pemerintah telah merampungkan implementasi program mandatori biodiesel 20% (B20) secara keseluruhan terkait perluasan insentif biodiesel dari PSO (Public Service Obligation) ke non-PSO yang mulai berlaku awal September tahun ini, baik itu untuk bahan bakar Biosolar, Dexlite maupun Dex.

Untuk menyikapi hal ini, Hino telah siap untuk implementasi B20. Hino yang telah hadir lebih dari 35 tahun di Indonesia telah terbukti ketangguhan dan kekuatan kendaraanya di segala medan dan kondisi bahan bakar.

Pelanggan tidak perlu khawatir akan jaminan perawatan dan suku cadang kendaraannya karena Hino berpengalaman dan selalu tumbuh bersama Indonesia.

Santiko Wardoyo, selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI menjelaskan bahwa Hino sejak awal B20 dicanangkan oleh pemerintah, sudah siap untuk menggunakan B20.

“Untuk itu bagi customer setia Hino tidak perlu khawatir, karena Hino telah lulus uji dan siap menggunakan bahan bakar biodiesel 20% atau B20,” jelasnya.

Sejak tiga tahun yang lalu, Hino telah melakukan pengujian pada mesin dengan teknologi common rail dengan metode uji engine bench test.

Pengujian tersebut dilakukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) selama 400 jam dengan beban penuh pada putaran mesin maksimum yaitu 2.500 rpm selama 8 jam/ hari.

Metode uji tersebut merupakan metode yang disarankan oleh prinsipal Hino di Jepang yaitu Hino Motors, Ltd. yang diklaim lebih memaksa mesin melakukan performa maksimal jika dibandingkan dengan road test atau kondisi pemakaian aktual di jalan.

Hasilnya untuk mesin Hino tidak ada fenomena yang membahayakan pada pengujian tersebut dah lulus uji menggunakan bahan bakar biodiesel B20. (rhs)

SHARE