Home Breaking News Mahasiswa Indonesia Sabet Juara Dunia Kompetisi Adu Cepat Mobil Hemat Energi

Mahasiswa Indonesia Sabet Juara Dunia Kompetisi Adu Cepat Mobil Hemat Energi

SHARE

LONDON | Otorai.com – Tim mahasiswa Indonesia kembali berhasil menorehkan prestasi yang membagakan di ajang festival Shell Make the Future Live di London, Inggris pada 5 – 8 Juli 2018 lalu.

Setelah Tim Smart Car MCS dari Universitas Gadjah Mada menjadi juara dunia final kompetisi Shell Ideas360, kini di ajang festival yang sama, tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan mobil UrbanConcept Sapuangin XI Evo 2 berhasil menjadi juara pertama balap mobil adu cepat dan hemat energi Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (SEM DWC) Grand Final 2018 yang berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris pada Minggu] (08/07) sore waktu setempat.

Kegembiraan dan tangis haru menyelimuti tim ITS Team 2 saat penyerahan piala Grand Final Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship 2018. Tanpa komando, tim mahasiswa Indonesia menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dengan membentangkan bendera Merah Putih yang telah mereka persiapkan.

Euforia tim Indonesia tampak begitu terasa dengan keberhasilan yang dicapai di ajang bergengsi dunia di kota London tersebut.

Mengusung mobil Urban Concept berbahan bakar Gasoline, Tim ITS Team 2 berhasil mengungguli 8 tim lainnya yang mewakili Asia, Amerika dan Eropa.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Tim Sask Eco UC dari Kanada , dan tim Toulouse Ingenierie Multidisciplinaire dari Perancis yang berhasil menempati posisi ketiga.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Kerja keras kami bersama tim dan dosen pembimbing selama berbulan-bulan terbayar dengan menjadikan karya kami Sapuangin XI Evo 2 sebagai mobil yang tercepat dan terhemat di dunia,” jelas Rafi Rasyad, Manager Tim ITS Team 2, dalam keterangan resminya (09/07).

Rasa bangga dan haru tidak bisa disembunyikan Rafi Rasyad ketika timnya berhasil menjuarai kompetisi adu cepat mobil hemat energi.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia karena dapat mempersembahkan prestasi terbaik kami di ajang dunia ini kepada Indonesia,” tambahnya.

Prestasi yang dicapai tim mahasiswa Indonesia di ajang Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship tahun ini semakin mengukuhkan posisi tim Indonesia sebagai tim yang senantiasa diperhitungkan dalam ajang kompetisi mendesain, menciptakan dan mengendarai mobil paling hemat energi di tingkat regional maupun dunia. (rhs)

SHARE