Home Breaking News Tips Mengetahui Kondisi Mesin Sebelum Membeli Mobil Bekas

Tips Mengetahui Kondisi Mesin Sebelum Membeli Mobil Bekas

SHARE

JAKARTA | Otorai.com – Ketika ingin membeli atau kredit mobil bekas harus dipastikan kondisi mesin baik atau tidak. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara teliti, karena banyak sekali yang harus diperhatikan.kredit mobil bekas

Kenapa hal tersebut harus dilakukan agar membeli mobil bekas tidak seperti membeli ‘Kucing didalam karung’, sebaiknya pengecekan mesin dilakukan oleh ahlinya. Kecuali jika Anda mengetahui seluk beluk mesin itu sehat atau tidak.

Hal yang paling mendasar agar tidak salah pilih adalah mengetahui kondisi mesin, mendengarkan suara pada mesin, getaran mesin, asap pembuangan yang dihasilkan. Serta jangan lupa mengecek ada atau tidaknya kebocoran oli pada mesin. Langkah tersebut merupakan hal utama yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kondisi mesin mobil yang baik.

“Mesin mobil yang bagus, mengurangi resiko anda untuk melakukan perbaikan, sisi lain menghemat biaya yang hendak dikeluarkan,” ujar Hassan mekanik mobil panggilan wilayah Cijantung, Jakarta Timur.

Pengecekan pada bagian mesin mana saja yang harus dilakukan? Untuk mendapati mesin mobil yang bagus dan sehat, terdapat 5 langkah mudah untuk mengetahui kondisi mesin pada mobil bekas yang hendak di beli. Berikut tips beli mobil bekas :

Takaran Oli Mesin

Untuk mengetahui volume oli pada mesin, dapat terlihat dengan jumlah ketersedian oli. Ini bisa dilakukan pengecekan dengan menarik tuas cek ketersediaan oli mesin, sekaligus mengetahui kekentalan oli.

Jika volume oli tetap pada garisnya, dapat dipastikan bahwa oli yang terdapat pada mesin tersebut tidak berkurang karena gesekan yang terjadi didalam mesin. Hal lain, tidak dialami kebocoran atau rembes oli pada bagian mesin yang menyebabkan jumlah oli berkurang.

Dinding dan Bagian Bawah Mesin

Biasanya untuk mobil dengan usia 5 tahun ke atas, rentan akan kebocoran atau kerembesan oli di mesin. Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, harus melakukan pengecekan pada bagian ini.

Biasanya ini terjadi pada packing silinder, dimana sering terjadi kebocoran pada bagian ini. Untuk bagian bawah mesin sering terjadi rembes karena oli, yang disebabkan paking karter mesin yang sudah mulai aus.

Air Radiator Tidak Menyemprot Saat Dibuka

Mendapati mesin mobil yang bagus, serta mengetahui pendingin mesin mobil (radiator) yang normal, dapat dilakukan dengan cara membuka tutup atas radiator. Untuk mendapatii kondisi radiator yang baik, lakukan dengan cara membuka tutup radiator saat mesin mobil dinyalakan.

Jika air tidak menyemprot dengan keras keatas saat tutup radiator dibuka, dapat dipastikan radiator dalam kondisi baik dan normal. Jika saat dibuka air keluar dengan kerasnya, maka terjadi penyumbatan pada radiator maupun saluran air didalam mesin mobil.

Hal itu bisa terjadi karena kerak yang menyumbat bagian tersebut, disisi lain menyebabkan temperatur mesin mobil akan cepat panas. Asap hitam, putih pekat, dan mengeluarkan air pada ujung knalpot.

Periksa Hasil Pembakaran dari Knalpot.

Jika asap pembuangan tidak mengeluarkan asap hitam maupun putih pekat (mobil bensin), maka mesin mobil tersebut normal pada umumnya. Jika melihat air yang keluar dari ujung knalpot, anda tidak perlu panik.

Air yang keluar pada ujung knlapot terjadi karena cuaca dingin pada malam hari. Hal tersebut sering terjadi karena uap air di knalpot terkondensasi pada malam hari dan terdorong keluar saat mesin dinyalakan.

Mendengarkan Suara Mesin

Langkah yang terakhir yaitu, mendengar suara mesin secara langsung merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika dirasa mesin mobil tidak menimbulkan suara yang berisik ataupun gemercik saat dinyalakan, maka kemungkinan kecil kerusakan terjadi didalam mesin.

Ada banyak hal yang menyebabkan mesin mobil berbunyi, diantaranya : rantai keteng mobil yang kendor, klep yang harus di stel ulang, stang seher yang mulai melemah. Bisa juga seher atau piston yang telah baret karena kurangnya pelumas oli, dan setelan coil yang tidak pas membuat suara pada mesin mobil juga mengakibatkan getaran pada mesin.

Semoga tips tersebut memberi informasi bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, dengan kualitas yang baik dan normal. Sehingga nantinya tidak khawatir akan berapa biaya lagi yang harus dikeluarkan untuk perbaikan khususnya pada bagian mesin. (rhs)

SHARE